Mekanisme OSMOSIS dan DIFUSI pada membran sel


silahkan di pahami moga kalian paham mekanismenya.


Mekanisme osmosis dan difusi pada membran sel
Ø  Transpor pasif adalah proses perpindahan suatu zat melewati membrane sel tanpa melibatkan energi sel  


  Bentuk Transportasi Pasif Adalah Difusi Dan Osmosis :Ø  Difusi merupakan perpindahan molekul suatu zat dari tempat yang berkonsentrasi tinggi ke tempat yang berkonsentrasi rendah baik melewati membran maupun tidak.
Ø  Osmosis merupakan proses perpindahan molekul suatu zat dari tempat yang berkonsentrasi rendah ke tempat yang berkonsentrasi tinggi dengan melewati membran selektif permeable.
Contoh Transpor pasif
 

DifusiDifusi merupakan pergerakan zat yang berasal dari konsentrasi lebih tinggi (hipertonis) menuju konsentrasi yang lebih rendah (hipotonis). Atom bergerak melewati membran sel yang dibentuk oleh lapisan lipid. Atom-atom berukuran kecil sangat mudah melewati membran sel. Tidak ada energi yang terlibat pada proses difusi sederhana.Contoh Osmosis
 

Mekanisme Kerja
Mekanisme kerja difusi :
Semua sel dipisahkan dari lingkungannya oleh membran sel. Transportasi zat ke dalam dan keluar sel dapat terjadi dengan cara difusi melewati membran sel. Syarat suatu partikel / molekul dapat melewati membran sel dengan cara difusi adalah:
a)      Partikel / molekul tersebut merupakan partikel / molekul sederhana.
b)      Berukuran kecil
c)       Dapat larut dalam air ataupun lemak


Jika cairan disekeliling sel(ekstraseluler) berkonsentrasi lebih tinggi daripada konsentrasi cairan di dalam sel (intraseluler),secara otomatis molekul-molekul dari cairan ekstraseluler akan berdifusi masuk ke dalam sel. Demikian pula sebaliknya. Molekul-molekul / partikel yang dibawa masuk ke dalam sel tidak dapat ditimbun.
 


MEKANISME OSMOSIS
Mekanisme Osmosis pada sel darah merah
 

Bila tidak berfungsi dan apa fungsinya
  Dalam kehidupannya, sel – sel memasukkan serta mengeluarkan air. Selain itu, sel – sel juga mengeluarkan/membuang produk – produk ekskresi. Beberapa jenis sel juga menyekresi zat – zat, seperti enzim dan hormon. Semua zat dalam proses tersebut masuk dan keluar dari dan ke dalam sel dengan cara melintasi membran sel.
  Bila sel tidak dapat memasukkan serta mengeluarkan air melalui membran sel maka sel tersebut akan mati.



Ini dulu yaa......moga bermanfaat :)
kalo ada yang kurang mengerti koment aja.

 

Comments

Popular posts from this blog

ALKALOID ?

MEKANISME FOTOSINTESIS