RIBOSOM ?

Apakah itu ribosom?

Ribosom adalah salah satu orgnel yang berukuran kecil, padat dan tidak bermembran yang ditemukan pada semua sel ( prokariotik dan eukariotik ). Diameter ribosom sekitar 17-20 µm.

            Ribosom terdiri dari asam ribonukleat (RNA)  dan protein ribosom / Ribonukleoprotein  (RNP)


Ribosom Pada Sel

    Sebuah sel prokariotik sederhana (misalnya, bakteri) terdiri dari ribuan ribosom, sedangkan sel eukariotik yang lebih kompleks (misalnya, sel manusia) memiliki  jutaan ribosom. Sehingga ribosom pada sel prokariotik lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan sel eukariotik.


STRUKTUR RIBOSOM



Ribosom terdiri atasi dua subunit, masing-masing berisi RNA dan protein.



          Dalam sel, ribosom berada di dua wilayah. Beberapa ribosom ditemukan tersebar di sitoplasma (disebut sebagai ribosom bebas), sementara yang lain yang melekat pada retikulum endoplasma (ribosom terikat). Dengan demikian, permukaan retikulum endoplasma ketika terikat dengan ribosom disebut retikulum endoplasma kasar (RER).




Fungsi Ribosom

    Ribosom memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dan mempunyai peran tersendiri dalam pembentukan sebuah sel. Fungsi utama dari ribosom yaitu untuk memproduksi dan juga mensintesis zat protein yang ada didalam sel.


 Seluruh tahap di dalam proses produksi dan sintesis protein yang dilakukan pada bagian organel ribosom, baik di dalam sitoplasma ataupun pada retikulum endoplasma. Proses tersebut biasa disebut dengan dogma sentral.
Biasanya, protein yang disintesis oleh ribosom bebas digunakan dalam sitoplasma itu sendiri, sementara molekul protein yang diproduksi oleh ribosom terikat diangkut ke luar sel.

             Mengingat fungsi utama dari protein ribosom dalam membangun sel, dapat disimpulkan bahwa sel tidak dapat berfungsi tanpa ribosom.
 

seoga bermanfaat..... :)

Comments

Popular posts from this blog

ALKALOID ?

MEKANISME FOTOSINTESIS

Mekanisme OSMOSIS dan DIFUSI pada membran sel